Minggu, April 18, 2010

World Cup 2010 : Brazil (Grup G)


Profil
Lima kali juara dunia. Fakta ini sebenarnya cukup untuk menjelaskan bagaimana dominannya Brasil di lapangan sepakbola. Tidak ada satu negara lain yang mampu menyaingi prestasi Tim Samba. Yang paling dekat adalah Italia dengan koleksi empat gelar juara dunia. Brasil juga merupakan satu-satunya negara yang tak pernah gagal masuk ke putaran final. Selain itu Selecao, julukan Brasil, selalu menjadi unggulan tiap kali turnamen empat tahunan ini digelar. 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002 adalah tahun di mana Brasil tampil sebagai juara dunia. Secara total mereka tujuh kali lolos ke partai final.

Dua kegagalan menjadi yang terbaik, terjadi di tahun 1950 dan 1998. Sepakbola sudah menjadi semacam 'agama' di Brasil. Mereka disebut ' o pais do futebol' atau negara sepakbola. Lebih dari 10 ribu orang Brasil menjadi pemain professional di dalam atau di luar negeri. Mantan pemain yang paling terkenal siapa lagi kalau bukan Edson Arantes do Nascimento alias Pele. Pele adalah satu-satunya pemain yang mampu memenangi tiga Piala Dunia. Dia pula lah yang menjadikan kostum no. 10 menjadi sesuatu yang istimewa.

Ada lelucon yang menyebutkan kalau kehebatan Brasil di arena sepakbola adalah berkat campur tangan Inggris. Di tahun 1870 seorang Inggris bernama John Miller mendarat di Brasil bersama tiga ribu imigran lainnya. Mereka bekerja membangun rel kereta api di Sao Paulo. Pada 1884, Miller mengirim balik anaknya Charles William untuk sekolah di Southampton, Inggris. William ternyata menjadi atlet yang sangat berbakat dan terpilih masuk tim Southampton Club.

Pada 1892 saat William masih di Inggris, ia diundang untuk main di satu partai Corinthians yang mengundang pemain-pemain dari beberapa sekolah dan universitas. William membawa serta buku-buku peraturan sepakbola dan beberapa perlengkapan bermain bola yang belum ada di Brasil. Dan selanjutnya, Miller mengembangkan peraturan tersebut di komunitas sepakbola Brasil. Sepakbola Brasil pun berkembang sejak saat itu.

Road to Africa
Brasil lolos ke putaran final dengan memuncaki klasemen akhir zona Amerika Latin. Rekor mereka adalah sembilan kali menang, tujuh kali imbang dan dua kali kalah. Tim Samba sudah memastikan diri lolos ketika masih ada tiga pertandingan yang belum dimainkan. Total poin mereka, 34, tak terkejar oleh rival mereka sampai partai ke-18.

Fakta Singkat
Julukan: Selecao, Canarinho
Pelatih: Dunga
Partisipasi: 18
Prestasi terbaik: Juara 1958, 1962, 1970, 1994, 2002



Tidak ada komentar: