Senin, Mei 10, 2010

Arjen Robben (Belanda): Rapuh seperti Kaca

Tanggal lahir: 23 Januari 1984
Tinggi: 180 cm
Klub: Bayern Munich

Robben mulai menjadi pemain profesional saat berusia 17 tahun. Ia memperkuat Groningen hanya satu musim sebelum kemudian berkat potensinya yang menjanjikan, ia kemudian ditarik PSV.

Bersama PSV ia pun tak bertahan lama, hanya dua musim. Ia kemudian mendarat di Chelsea tahun 2004 setelah membuktikan diri sebagai sorang pemain tengah yang agresif.

Sayang bersama The Blues ia sering didera cedera. Walau demikian trofi Premier League, FA Cup dan Piala Liga pernah ia menangi. Tiga musim di Inggris ia kemudian pindah ke Real Madrid untuk kemudian pindah lagi ke Munich musim 2009.

Teknik dan kecepatannya yang tinggi memang mampu memesona manajer mana pun. Jika sedang dalam kondisi fit, menghentikan Robben yang sedang membawa bola sama sulitnya seperti menghentikan kereta yang tengah melaju cepat.

Kemampuan dribblingnya diakui luar biasa. Tak heran ia seorang diri punya kemampuan untuk mengubah nasib timnya. Masalah Robben cuma satu, sering cedera. Ia disebut pula terbuat dari kaca saking rapuhnya.

Bersama tim nasional pun juga demikian. Ia selalu menjadi andalan sejak debutnya bersama Oranje tahun 2004. Hingga kini, ia sudah main di 45 pertandingan (per Desember 2009) dengan koleksi 11 gol.

Tidak ada komentar: