Rabu, April 21, 2010

World Cup 2010 : Spanyol (Grup H)


Profil
Tim Matador masih harus menemukan keberuntungan mereka di Piala Dunia. Bayangkan saja, 12 kali mereka pernah lolos namun tak satu kesempatan pun mereka dapatkan untuk lolos ke partai final. Raihan terbaik mereka hanya semi final. Dan itu sudah terjadi demikian lama, 1950. Pada 1982 mereka menjadi tuan rumah. Namun tak banyak membantu. Mereka hanya sampai putaran kedua. Spanyol memang dikenal punya nasib buruk jika sudah ikut dalam turnamen.

Padahal di babak kualifikasi, keganasan mereka terlihat. Untungnya Piala Eropa 2008 lalu mampu melepaskan kutukan pada Spanyol. Mereka bisa tampil sebagai juara. Hal ini cukup menguatkan optimisme walau kontestan kejuaraan di benua biru itu jumlahnya hanya separuh dari kontestan di Piala Dunia nanti. Tim Spanyol sekarang dinilai sudah lebih matang. Kekalahan di Piala Konfederasi tahun lalu bahkan dianggap berkah. Banyak pengamat menilai puncak permainan La Furia Roja memang akan muncul di Afrika Selatan.

Road to Africa
Spanyol tergabung di Grup 5 bersama Bosnia, Turki, Belgia, Estonia dan Armenia. Rekor mereka fantastis. 10 pertandingan, 10 kali menang, 28 gol dan hanya lima kali kebobolan. Atraktif dan selalu tampil bertenaga menjadi ciri khas penampilan pasukan Del Bosque di babak kualifikasi. Terima kasih kepada para jagoan-jagoan dari Barcelona yang menjadi tulang punggung Spanyol.

Fakta Singkat
Julukan: La Furia Roja
Pelatih: Vicente Del Bosque
Partisipasi: 12 kali
Prestasi terbaik: Semi final 1950



Tidak ada komentar: