Rabu, April 25, 2012

Euro 2012 : Jerman (Player - Mesut Oezil)


Oezil adalah salah satu mesin penggerak serangan utama Jerman dalam dua tahun terakhir. Di babak kualifikasi Piala Eropa 2012, ia tak pernah absen dalam 10 pertandingan timnya dan menyumbangkan lima gol.

Gelandang serang klub Real Madrid itu juga sudah mengukuhkan reputasinya sebagai pengumpan yang menentukan. Ia adalah pemberi assist terbanyak di babak kualifikasi Euro, bersanding dengan Kim Kallstrom dari Swedia, sebanyak tujuh assist.

Statistik assist Oezil memang luar biasa. Di Piala Dunia 2010, bersama Dirk Kuyt (Belanda), Bastian Schweinsteiger (Jerman), Kaka (Brasil) dan Thomas Mueller (Jerman), ia membuat tiga assist.

Begitu pula di Liga Spanyol bersama Real Madrid. Di musim lalu pemain 23 tahun itu menorehkan 17 assist. Hanya Lionel Messi (Barcelona) yang melakukannya lebih sering dari dia, yakni sebanyak 18.

Di musim ini Oezil juga merupakan pengumpan nomor satu Real Madrid. Sampai pekan ke-33 ia masih bertengger di puncak daftar pemberi assist terbanyak, dengan 15 kali.

Pada 29 Februari lalu Oezil ditetapkan sebagai pemain internasional Jerman terbaik tahun 2011. Penghargaan itu diterimanya menjelang kickoff laga persahabatan antaranya negaranya melawan Prancis di Bremen.


Tidak ada komentar: